Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Romadhon, Rahmat (2020) Segmentasi Pelanggan Menggunakan Pendekatan Analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary) Dan Fuzzy C-means Pada PT. XYZ. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_Cover Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB)
[img] Text
201310215059_Rahmat Romadhon_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam kenyataannya kegagalan dalam implementasi CRM dapat terjadi, hal ini dikarenakan pihak perusahaan hanya berfokus terhadap teknologi untuk perluasan pasar sehingga kurangnya pemahaman yang dalam terhadap CRM itu sendiri. Salah satu cara untuk memahami pelanggan adalah dengan melakukan segmentasi terhadap pelanggan itu sendiri berdasarkan karakteristik pelanggan. Cara tersebut dapat membantu PT XYZ apa kebutuhan pelanggan dalam segi makanan khuhusnya produk yang didistibusikan oleh PT XYZ. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan dalam banyak cara, didalam tesis segmentasi pelanggan akan dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara analisis RFM pada data transaksi pelanggan selama 3 tahun di PT XYZ, Fuzzy C-Means Clustering dan uji validasi menggunakan Sum OF Square Error (SEE) dan Davies Bouldin Indes (DBI) untuk menghasilkan berapa banyak segmen pelanggan. Proses clustering menggunakan software RStudio 3.1.1 menghasilkan 3 cluster terbaik. Dari total pelanggan 1.430 selama 3 tahun didapatkan 544 anggota atau sekitar 38% dari total anggota masuk kedalam cluster 1, untuk 349 anggota atau sekitar 24% dari total anggota masuk kedalam cluster 2 dan 537 pelanggan atau sekitar 37 persen masuk kedalam cluster 3. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa cluster 2 mempunyai nilai RFM yang paling paik dikarenakan jumlah frequency dan monetary yang lebih besar dibandingkan cluster 1 maupun cluster 3. Dan cluster 3 mempunyai nilai RFM paling rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:00
Last Modified: 26 Dec 2022 03:00
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16698

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year