Aryanto, Sani (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM ECOPRENEURSHIP DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF (Studi Kasus di SDN Cibabat Mandiri 2 Kota Cimahi). Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Text
TESIS_SANI ARYANTO.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengeksplisitkan konsep ecopreneurship sebagai salah satu alternatif pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) inklusif, sehingga tujuan penelitian ini meliputi empat hal, diantaranya: untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dampak, dan hambatan-hambatan dalam mengembangkan program ecopreneurship di SD Inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SDN Cibabat Mandiri 2 Kota Cimahi. Partisipan dalam penelitian ini diantaranya enam peserta didik berkebutuhan khusus dengan karakteristik yang berbeda-beda, dua guru pendamping khusus yang salah satunya adalah orthopedagog, seorang kepala sekolah, lima orang guru kelas dan seorang guru ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa program ecopreneurship dapat dibuktikan secara eksplisit walaupun dalam proses implementasinya masih berkembang dan belum bisa dikatakan sempurna. Program ecopreneurship dibuat secara khusus oleh Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam upaya memberikan pengalaman bagi seluruh peserta didik berkebutuhan khusus yang diinterpretasikan dalam bentuk program pengembangan diri. Penelitian ini menjadi temuan baru dalam dunia pendidikan dan menjadi alternatif dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat dimanfaatkan bagi setiap Sekolah Dasar (SD) inklusif di Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Umum > Karya Ilmiah |
Divisions: | Jurnal Karya Ilmiah |
Depositing User: | Sani Aryanto |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 06:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 06:39 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16763 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year