Hasbialloh, Hasbialloh (2018) Analisis Optimalisasi Waktu Pelayanan Service Mobil Mitsubishi PT. Sun Star Motor Bekasi Dengan Menggunakan Metode Antrian. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201110215101_Hasbialloh_Cover-Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
201110215101_Hasbialloh_BAB I.pdf Download (584kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201110215101_Hasbialloh_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201110215101_Hasbialloh_BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201110215101_Hasbialloh_Daftar Pustaka.pdf Download (75kB) |
|
Text (Lampiran)
201110215101_Hasbialloh_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap orang (pelanggan/konsumen) selalu mengharapkan suatu fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya dalam menunggu suatu pelayanan yang membuat nyaman dan tidak terlalu lama dalam menunggu giliran untuk dilayani. Begitu juga dengan suatu sistem pelayanan, mereka juga selalu berusaha memberikan suatu fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya. Oleh karena itu efisiensi waktu pelayanan merupakan hal yang menarik untuk dianalisa, Penelitian dilakukan di bengkel mobil mitsubishi PT.Sun Star Motor Bulak Kapal Bekasi 17111. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui sistem antrian yang saat ini digunakan pada bengkel mobil mitsubishi PT. Sun Star Motor Bekasi. 2) Untuk mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan oleh pelanggan dalam menunggu antrian di PT. Sun Star Motor Bekasi. 3) Untuk mengetahui apakah tingkat pelayanan di PT. Sun Star Motor Bekasi sudah optimal. Metode Analisa yang digunakan adalah Analisa Teori Antrian. Dengan analisa teori antrian kita dapat mengetahui apakah sistem pelayanan di bengkel mobil mitsubishi PT. Sun Star Motor Bekasi sudah mencapai suatu keadaan yang optimal atau belum. Hasil penelitian yang diperoleh, 1) Sistem antrian pada bengkel mobil mitsubishi PT. Sun Star Motor Bekasi menggunakan disiplin antrian FIFO menggunakan model Multiple Channel – Single Chanel, terdapat 5 pelayanan yang disediakan dengan satu tahap pelayanan dan mengikuti model (M/M/C). 2) Rata-rata waktu tunggu pelanggan dalam antrian yaitu 1,92 jam atau 1 jam 55 menit 12 detik. 3) Tingkat pelayanan di bengkel mobil mitsubishi PT. Sun Star Motor saat ini belum optimal, dari hasil analisis tingkat pelayanan optimal (µ optimal) yaitu 26,44% dari kapasitas pelayanan optimal. Kata Kunci : Antrian Service Mobil, Multi Channel – Single Phase, (M/M/C)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Helena Sitorus, ST., MT, Pembimbing II: Denny Siregar, ST., M.Sc |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 06:27 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 06:27 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1678 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year