Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Dewi, Nurjanah (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Batik Bekasi (KOMBAS) dalam Melestarikan Batik Khas Bekasi pada Masyarakat Bekasi (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Melestarikan Batik Khas Bekasi pada Masyarakat Bekasi Utara). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201310415078_Dewi Nurjanah_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201310415078_Dewi Nurjanah_Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Lampiran)
201310415078_Dewi Nurjanah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran komunitas batik bekasi (KOMBAS) dalam melestarikan batik khas bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang dilakukan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stategi komunikasi Komunitas Batik Bekasi, meliputi 4P, yaitu: produk (product) yang ditawarkan merupakan batik khas Bekasi, harga (price) produk yang ditawarkan Batik khas Bekasi relative murah, tempat (place) yaitu dipasar modern Bekasi Town Square, promosi (promotion) yang dilakukan oleh Komunitas Batik Bekasi. dalam menginformasikan batik khas Bekasi kepada masyarakat, melalui event, workshop, seminar, media sosial dan media online dengan alat promosi yaitu: Pertama, periklanan (advertising) dengan cara media sosial dan media online. Kedua, penjualan tatap muka (personal selling) dengan cara berkomunikasi kepada pengunjung untuk memberitahukan dan menjual produk batik khas Bekasi pada event, workshop dan seminar tersebut. Ketiga publisitas (publicity) dengan cara berkerjasama dengan media online dan media surat kabar untuk meliput kegiatan batik khas Bekasi. Keempat, berhubungan langsung dengan konsumen dengan cara memberi himbawan kepada seluruh sekolah Negeri Kota Bekasi untuk mewajibkan memakai baju batik khas Bekasi dengan berkerjasama Pemerintah Kota. Lalu di analisis dengan teori AIDDA yaitu Attention, Inters, Desire, Decision, Action. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunitas Batik Bekasi, Melestarikan Batik Khas Bekasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing I: Nurul Fauziah, S.Sos.,M.I.Kom., Pembimbing II: Asima Oktavia Sitanggang, S.Ds.,M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:43
Last Modified: 10 Apr 2019 04:43
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year