Dewi, Nurjanah (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Batik Bekasi (KOMBAS) dalam Melestarikan Batik Khas Bekasi pada Masyarakat Bekasi (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Melestarikan Batik Khas Bekasi pada Masyarakat Bekasi Utara). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201310415078_Dewi Nurjanah_Cover-Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB I.pdf Download (569kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201310415078_Dewi Nurjanah_BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201310415078_Dewi Nurjanah_Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
|
Text (Lampiran)
201310415078_Dewi Nurjanah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran komunitas batik bekasi (KOMBAS) dalam melestarikan batik khas bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang dilakukan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stategi komunikasi Komunitas Batik Bekasi, meliputi 4P, yaitu: produk (product) yang ditawarkan merupakan batik khas Bekasi, harga (price) produk yang ditawarkan Batik khas Bekasi relative murah, tempat (place) yaitu dipasar modern Bekasi Town Square, promosi (promotion) yang dilakukan oleh Komunitas Batik Bekasi. dalam menginformasikan batik khas Bekasi kepada masyarakat, melalui event, workshop, seminar, media sosial dan media online dengan alat promosi yaitu: Pertama, periklanan (advertising) dengan cara media sosial dan media online. Kedua, penjualan tatap muka (personal selling) dengan cara berkomunikasi kepada pengunjung untuk memberitahukan dan menjual produk batik khas Bekasi pada event, workshop dan seminar tersebut. Ketiga publisitas (publicity) dengan cara berkerjasama dengan media online dan media surat kabar untuk meliput kegiatan batik khas Bekasi. Keempat, berhubungan langsung dengan konsumen dengan cara memberi himbawan kepada seluruh sekolah Negeri Kota Bekasi untuk mewajibkan memakai baju batik khas Bekasi dengan berkerjasama Pemerintah Kota. Lalu di analisis dengan teori AIDDA yaitu Attention, Inters, Desire, Decision, Action. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunitas Batik Bekasi, Melestarikan Batik Khas Bekasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nurul Fauziah, S.Sos.,M.I.Kom., Pembimbing II: Asima Oktavia Sitanggang, S.Ds.,M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ludfia |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 04:43 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:43 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year