Saddam, Hussein S (2015) PENGARUH PROGRAM ACARA SI BOLANG DI TRANS7 TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SDN PEJUANG V KOTA BEKASI. Skripsi thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text (Cover - Daftar isi)
Cover - Daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II, III, IV)
Bab II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Program acara Si Bolang adalah salah satu tayangan yang memiliki unsur hiburan dan berbagai pendidikan (Edutainment). Peneliti memilih program acara Si Bolang untuk diteliti karena program acara tersebut sangat menarik dan mendidik, sehingga dapat mempengaruhi pengetahuan anak-anak agar mendekatkan kembali anak-anak ke alam, dan melestarikan budaya lokal serta melestarikan permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perubahan pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Pejuang V Kota Bekasi sebelum dan sesudah menonton program acara Si Bolang di Trans7, dan untuk mengetahui pengaruh program acara Si Bolang di Trans7 terhadap pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Pejuang V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan “Kuantitatif” dengan metode eksperimental pada desain One Group Pretest-Posttest. simple random sampling, sampel pada penelitian ini sebesar 100 orang dari 408 siswa kelas IV dan V di SDN Pejuang V Kota Bekasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa -t hitung< -t tabel (-9,023 < -1,984) dan signifikansi (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata perubahan pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Pejuang V Kota Bekasi sebelum menonton dengan sesudah menonton program acara Si Bolang di Trans7. Ada pengaruh program acara Si Bolang di Trans7 terhadap pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Pejuang Kota Bekasi pada episode Suku Dayak Lundayeh, dimana nilai t hitung > t tabel (20,082 >1,984) dan signifikan (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan kuat antara Program Si Bolang dengan Pengetahuan Siswa SDN Pejuang V Kota Bekasi di ranah Kognitif (Pengetahuan) dan terbukti bahwa teori Dominnick dan Bloom sesuai untuk mendukung penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Hj. Silvia Nurlaila, S.Pd., S.E., M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Penyiaran |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rifal Mahalli |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:26 |
Last Modified: | 15 Mar 2017 02:02 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year