Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rahayu, Mega Irma (2020) Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Kepuasan Pasien di UPTD Puskesmas Tambun. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (457kB)
[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201610515038_Mega Irma Rahayu_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Tambun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian korelasional menggunakan metode pengumpulan data skala respon berupa kuisioner. Populasi yang digunakan yaitu pasien yang berkunjung di UPTD Puskesmas Tambun dengan populasi sekitar 6.600 pasien. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan random sampling dengan jumlah 100 subjek. Pada uji coba alat ukur dilakukan terhadap 50 subjek dan diolah menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS V.21. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku yang dikembangkan oleh Sarwono (2019) yang terdiri dari 28 aitem dengan menggunakan metode skala likert dan memiliki koefisien reliabilitas 0.897 menunjukan bahwa hasilnya sangat reliabel. Skala kepuasan pasien yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perasaan yang dikembangkan oleh Nasution (2015) yang teridiri dari 30 aitem dengan menggunakan metode skala likert dan memiliki koefisien reliabilitas 0.914 menunjukan bahwa hasilnya sangat reliabel. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa adanya hubungan positif, signifikansi antara interaksi sosial dengan kepuasan pasien= 0.738 dan p = 0.000 (p<0.05). Sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi interaksi sosial yang dilakukan oleh petugas kesehatan maka semakin tinggi juga kepuasan pasien UPTD Puskesmas Tambun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:50
Last Modified: 04 Apr 2023 07:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20028

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year