Lina, Erliana (2015) STUDI DESKRIPTIF SELF EFFICACY BIDANG AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text
Cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (863kB) | Preview |
|
Text
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
Abstract
Penerapan aturan baru mengenai kurikulum 2013 sebagai kerangka dasar pembelajaran disekolah menuntut siswa untuk mampu mengikuti semua kebijakan yang berlaku. Siswa yang memiliki keyakinan terhadap kemampuannya dapat menghadapi segala peraturan dan perubahan kebijakan, sedangkan siswa yang kurang yakin terhadap kemampuannya akan cenderung kesulitan dalam menghadapi segala perubahan yang ada disekolah. Dalam psikologi hal itu dikenal dengan istilah “Self Efficacy”. Self efficacy adalah kepercayaan individu pada kemampuannya untuk dapat berhasil melakukan tugas tertentu (Bandura dalam Baron & Byrne, 1993). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara umum self efficacy bidang akademik pada siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi. Dengan dilakukan penelitian mengenai self efficacy, dapat diketahui bagaimana gambaran self efficacy bidang akademik pada siswa kelas XI berada dalam kategori tinggi, sedang atau rendah. Sehingga, dapat dilakukan penanganan yang sesuai bagi siswa untuk meningkatkan self efficacy dalam bidang akademik. Analisis dilakukan pada tiga aspek self efficacy berdasarkan teori Bandura (1997), yaitu Tingkat (level), Keluasan (generality), Kekuatan (strength). Penelitian ini dilakukan pada 175 siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner sebagai data utama, serta wawancara dan focus group discussion (FGD) sebagai data tambahan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala likert yang telah dimodifikasi dengan lima respon jawaban, yaitu Sangat Sesuai, Sesuai, Kurang Sesuai, Tidak Sesuai, Sangat Tidak Sesuai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non-eksperimen yaitu jenis studi deskriptif. Pada alat ukur self efficacy, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows. Dari hasil analisis, terdapat 30 item valid dari 36 item yang terdapat dalam kuesioner, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,908 dan nilai koefisien korelasi lebih besar 0,30 dengan rumus Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran secara umum self efficacy bidang akademik pada siswa kelas XI di SMAN 14 Bekasi, yaitu berada pada level sedang. Kata Kunci : Studi Deskriptif, Self Efficacy, Bidang Akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dian Kusumawati, M.Psi., Psi. Pembimbing 2 : Iin Widyastuti, S.Psi |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Rifal Mahalli |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:06 |
Last Modified: | 15 Mar 2017 02:18 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/207 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year