Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Herinawati, Rochmah (2020) Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying di Sekolah Inklusi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (743kB)
[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
201610515192_Rochmah Herinawati_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku bullying yang dilakukan oleh teman sebaya siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Keterbatasan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus menjadikannya rentan mendapatkan perlakuan bullying dari teman-temannya yang siswa reguler. Menurut Ariesto (2009) Faktor penyebab bisa terjadinya perilaku bullying adalah faktor keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, teman sebaya, dan media. Penerimaan teman sebaya bisa disebut juga dengan peer acceptance diukur melalui pemilihan dari teman kelasnya mengenai dengan siapa mereka paling nyaman untuk bermain, serta dengan siapa mereka akan bermain dengan teratur (Cook & Semmel, 1999). Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sample. Sampel yang digunakan sebanyak 86 mahasiswi dengan hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,227 dengan taraf signifikansi 0,036 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif yang signifikan antara penerimaan teman sebaya dengan perilaku bullying di sekolah inklusi. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Semakin rendah perilaku bullying maka penerimaan teman sebaya akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Saran terhadap siswa-siswi, diharapkan menerima segala kekurangan yang dimiliki teman sebaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:01
Last Modified: 27 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year