Helfrida, Devie (2021) Pengarusutamaan Gender Dalam Iklan Mustika Ratu (Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Minyak Zaitun Versi Amanda Manopo). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201510415056_Devie Helfrida_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201510415056_Devie Helfrida_BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
201510415056_Devie Helfrida_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201510415056_Devie Helfrida_BAB V.pdf Download (334kB) |
|
Text
201510415056_Devie Helfrida_Daftar Pustaka.pdf Download (361kB) |
|
Text
201510415056_Devie Helfrida_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pengarusutamaan gender dari iklan Mustika Ratu yang dipublikasikan versi Minyak Zaitun Amanda Manopo. iklan mempunyai fungsi penting untuk mengikat merek suatu produk ke pikiran konsumen. Pembuatan iklan yang dilakukan oleh setiap merek dari suatu produk, hal tersebut merupakan bentuk dari komunikasi yang dalam pelaksanaannya menggunakan media massa atau disebut sebagai komunikasi massa yang bertujuan untuk mengajak setiap penontonnya. Proses tersebut sebagai bentuk dari strategi untuk mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa, namun fungsi dari iklan mengalami perluasan yaitu dijadikan sebagai instrument atau alat untuk memberikan suatu penjelasan makna dari simbol yang diperlihatkan dan dituangkan kedalam bahasa dari iklan yang dibuat, sehingga pesan tersebut dapat tertanam dan menarik simpatik bagi penonton yang melihat iklan. Oleh karena itu, terpengaruh tidaknya pemirsa sangat ditentukan sejauh mana iklan televisi memiliki keutamaan dalam membangun komunikasi persuasif guna menggugah minat dan keinginan khalayak sasaran. Komunikasi yang dilakukan melalui periklanan merupakan bentuk dari sistem komunikasi massa, dalam penggunaannya menjadi parameter atau implementasi wacana gender yang memperlihatkan adanya bias-bias ketidakadilan gender. Peneliti menggunakan teori kesetaraan gender, dan menganalisis iklan dengan teori semiotika dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi tidak langsung dan dokumentasi yang didapatkan dari media YouTube. Data diperoleh melalui potongan scene-scene dari iklan. Hasil Penelitian adalah kandungan makna dan symbol pengarusutamaan gender dalam iklan Minyak Zaitun menunjukan dua sudut pandang yang berbeda pada fungsi dan peran perempuan yaitu pada bidang ketenagakerjaan dan Pendidikan. Pada ketenagakerjaan perempuan hanya mengerjakan peran reproduktif (ibu rumah tangga) sedangkan pada bidang Pendidikan permpuan tidak perlu mengenyam Pendidikan tinggi. Simbol – simbol paradigma Indonesia yang dominan terlihat dalam iklan Minyak Zaitun versi Amanda Manopo yang menggambarkan kesetaraan gender terkait fungsi dan peran perempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 07:52 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21692 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year