Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Khoerotunisa, Fina (2021) Komunikasi Interpersonal Ibu dan Anak Dalam Mendampingi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Pada Ibu dan Anak Dalam Mendampingi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid- 19 di Kelurahan Harapan Baru Bekasi Utara). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (714kB)
[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text
201710415177_FINA KHOEROTUNISA_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran dari rumah membawa sejumlah permasalahan bagi ibu dan anak yang dimana keduanya mengalami stress saat pembelajaran daring. Pada dunia pendidikan yang menjadi penentu tercapainya proses pembelajaran adalah komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal serta hambatan komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam mendampingi pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam mendampingi pembelajaran daring berjalan secara face to face dan secara dua arah yang dimana ibu dan anak saling mengirimkan pesan serta memberikan feedback satu sama lain saat pembelajaran daring. Namun komunikasi interpersonal ibu dan anak dalam mendampingi pembelajaran daring selama pandemi covid-19 tidak berjalan secara efektif, karena pada proses komunikasi interpersonal decoding komunikan yang diterima oleh anak kerap kali tidak dapat dipahami oleh anak. Sedangkan hambatan yang terjadi pada ibu dan anak dalam mendampingi pembelajaran daring adalah hambatan fisik karena adanya gangguan dari suara-suara, hambatan psikologi terjadi karena ibu memarahi anak saat pembelajaran daring, dan hambatan semantik adanya perbedaan isi materi pembelajaran yang disampaikan oleh ibu dan diterima oleh anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:19
Last Modified: 26 Jun 2023 03:19
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year