Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Dzilarsyi, Inda (2021) Hubungan Teachers Support dengan Student Engagement Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (958kB)
[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)
[img] Text
201710515140_Inda Dzilarsyi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu Negara yang terkena dampak penyebaran virus Covid-19. Pendidikan menjadi salah satu aspek yang terdampak ketika mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia. Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh memiliki keuntungan yang dapat memudahkan mahasiswa dan pengajar dalam melakukan proses pembelajaran. Keterlibatan peserta didik secara aktif dalam aktivitas akademik sangat penting. Proses pembelajaran berjalan dengan efektif jika peserta didik terlibat secara aktif. Pembelajaran yang aktif mampu mendorong untuk mencapai tujuan akademik. Salah satu faktor keterlibatan peserta didik adalah dukungan guru. Dukungan guru merupakan dukungan akademik yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Guru yang memberikan dukungan kepada siswa, maka keterlibatan dalam proses pembelajaran siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Teachers Support dengan Student Engagement pada mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu Startified Random Sampling dengan sampel sebanyak 109 responden. Hasil penelitian ini menunjukan koefisien korelasi antara Teachers Support dengan Student Engagement pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sebesar 0.848** dengan taraf signifikansi 0,000 (p>0,05). Sehingga menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif antara Student Engagement dengan Teachers Support. Disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hubungan yang positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi Teachers Support maka semakin tinggi pula Student Engagement dan sebaliknya semakin rendah Teachers Support maka Student Engagement semakin rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:41
Last Modified: 06 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21936

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year