Alamsyah, Muhammad Erwin (2019) Perancangan Aplikasi Optimalisasi Keahlian Jasa Pemandu Anggota UKM KAPAL BAJA berbasis Android menggunakan Metode Prototipe. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_Cover-Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_BAB I.pdf Download (897kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_BAB V.pdf Download (587kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_Daftar Pustaka.pdf Download (593kB) |
|
Text (Lampiran)
201310225178_Muhammad Erwin Alamsyah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
Abstract
Teknologi dan pariwisata semakin berkembang di Indonesia saat ini, tapi belum adanya media informasi jasa pemandu berbasis android yang dapat dijadikan standar rujukan ataupun yang memfasilitasi wisatawan dan pemandu memperoleh informasi jasa pemandu. Biasanya wisatawan mencari informasi jasa pemandu dengan mengakses Google atau mengakses forum-forum kegiatan outdoor di media sosial. Anggota UKM KAPAL BAJA jarang mengoptimalkan keahliannya terkait jasa pemandu kegiatan outdoor karena kesulitan memperoleh informasi tersebut. Maka dari itu dibutuhkan media informasi dalam bentuk aplikasi yang dapat menjadi standar rujukan atau memfasilitasi wisatawan dan pemandu terkait informasi kebutuhan jasa pemandu yang dapat dilihat secara lengkap, jelas dan terkini. Aplikasi GuideMe dirancang menggunakan metode prototipe yang terdiri dari tahapan mengidentifikasi kebutuhan pemakai, merancang prototipe, evaluasi dan perbaikan. Dalam memperoleh nilai kuesioner pada rancangan Aplikasi GuideMe, penulis menggunakan perhitungan Skala Likert sedangkan untuk menentukan jumlah sampel responden kuesioner sebanyak 10 orang, penulis menggunakan rumus Slovin dengan presentase error 10%. Pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk mendefinisikan kebutuhan serta menggambarkan arsitektur berorientasi obyek pada rancangan Aplikasi GuideMe. Pada tahap pengujian fungsi sistem, penelitian ini menggunakan metode Black Box. Kesimpulan dari penelitian ini, Aplikasi GuideMe dapat menggantikan mesin pencarian Google atau forum-forum media sosial dalam memfasilitasi wisatawan dan pemandu mencari informasi jasa pemandu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi GuideMe, Prototipe, Jasa Pemandu, UML (Unified Modeling Language) dan Anggota UKM KAPAL BAJA |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika |
Depositing User: | Eni Astuti |
Date Deposited: | 19 May 2020 01:37 |
Last Modified: | 19 May 2020 01:37 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2234 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year