Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Sadewa, Bayu Putra (2021) Penerapan Algoritma Apriori pada Sistem Informasi Penjualan Untuk Rekomendasi Produk. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
201710225111_Bayu Putra Sadewa_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis membuat pengusaha berfikir keras dalam melakukan strategi pemasaran yang dapat meninggkatkan penjualan. Salah satu strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan adalah dengan cara menggunakan teknologi internet. Perkembangan teknologi internet dapat memudahkan aktivitas pengusaha dalam mencari informasi, internet sangat berpengaruh dalam dunia bisnis guna menjadi alat pemasaran dan penjualan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dapat mempermudah pelanggan dalam mendapatkan data akurat dengan menggunakan penerapan algoritma aprioro pada sistem informasi ini. Permasalahan yang terjadi saat ini pada Toko Happy Store yaitu strategi pemasaran yang dimiliki dalam merekomendasi produk masih sangat bersifat manual, sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama dalam menjelaskan produk kepada pelanggan. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah algoritma apriori. Menerapkan metode association rule dan algoritma apriori pada dataset transaksi pembelian agar dapat membantu kombinasi antara item produk dalam melakukan rekomendasi produk terhadap pelanggan. Dataset transaksi yang digunakan adalah data pembelian dibulan November 2020 dengan memiliki ketentuan min support 2% dan min confidance 50%. Hasil yang diperoleh dari penerapan ini yaitu dapat mengetahui produk yang sering dibeli oleh pelanggan secara bersamaan, seperti xiaomi, vivo dengan nilai confidance 90%, setelah mengetahui barang yang banyak dibeli oleh pelanggan, maka pemilik toko dapat membuat strategi dalam pengadaan produk untuk mengelola ketersediaan barang yang di inginkan oleh pelanggan. Serta pemilik toko dapat merekomendasikan produk kepada pelanggan berdasarkan kombinasi itemset produk yang dihasilkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Sep 2023 19:29
Last Modified: 24 Sep 2023 19:29
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23641

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year