Hermarani, Salsabiila Tsaabitah Putri (2021) Implementasi Text Mining Pada Analisis Sentimen Terhadap Shopee Indonesia Menggunakan Metode Support Vector Machines. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_BAB I.pdf Download (329kB) |
|
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_BAB V.pdf Download (325kB) |
|
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_Daftar Pustaka.pdf Download (352kB) |
|
Text
201710225202_Salsabila Tsaabitah Putri Hermarani_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Shopee merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Jika Shopee dapat memberikan layanan yang tepat sesuai ekspektasi konsumen, maka Shopee akan memiliki persepsi yang baik di mata konsumen. Persepsi tersebut dapat dilihat melalui komentar. Namun, menganalisis aktivitas komentar tidak cukup untuk memeriksa skor, sehingga perlu melihat seluruh konten komentar untuk mengetahui arti dari komentar tersebut. Jika jumlahnya kecil dapat dilakukan secara manual, namun bila jumlahnya banyak maka sistem akan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komentar pengguna aplikasi e-commerce Shopee di situs Google Play Store dengan tahapan text mining yang kemudian menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) untuk mengetahui seberapa akurat metode tersebut dalam mengklasifikasi komentar serta membuat sistem berbasis web untuk memudahkan proses klasifikasi analisis sentimen. Hasil menunjukan data komentar Shopee yang diperoleh dari situs Google Play sebanyak 1.100 komentar telah dilakukan proses text mining menghasilkan 828 komentar masuk kelas positif dan 272 komentar masuk kelas negatif. Klasifikasi dengan metode Support Vector Machines diperoleh tingkat akurasi tertinggi sebesar 90% setelah dilakukannya 5 kali pecobaan serta sistem yang dibuat telah mempermudah proses klasifikasi analisis sentimen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 24 Sep 2023 19:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2023 19:59 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23681 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year