Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Khairullah, Fahreza (2021) Game Edukasi “Go Typer” Dengan Genre Arcade Menggunakan Unity Engine di Bimbingan Belajar An-Nur Hasan Desa Baturanjang Banten. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (9MB)
[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
201710225253_Fahreza Khairullah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi, mengetik merupakan hal dasar yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka terbiasa dalam menggunakan komputer, dan cara penyampaian untuk mengajarkan mengetik kepada anak-anak haruslah dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak dapat dengan mudah menangkap materi yang diberikan. Bimbingan Belajar An-Nur Hasan belum memiliki aplikasi yang dapat membantu mengajarkan mengetik kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan, keterbatasan aksess internet juga menyebabkan kurangnya sumber referensi pelajaran mengetik untuk anak-anak, sehingga guru harus mengajarkan mengetik kepada anak-anak hanya menggunakan Ms.Word yang cenderung membosankan. Oleh karena itu perlunya dibuat game edukasi dengan yang dapat mengedukasi cara mengetik untuk anak-anak dengan sistem yang menyenangkan, tanpa koneksi internet dan disukai anak-anak agar tidak mudah bosan dalam belajar. Permainan edukasi ini dibuat menggunakan Unity Engine dengan metode yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle. Unity Engine yang merupakan game engine tebaik yang dikembangkan oleh Unity Technologies dan bersifat cross-platform. Adapun Platform yang digumakan adalah Personal Komputer atau Laptop. Hasilnya menunjukan permainan edukasi ini dapat membantu melatih kecepatan mengetik anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan membuat anak-anak tidak mudah bosan. Dari hasil kuisioner yang dibuat sebanyak 71,4% tenaga pengajar Bimbingan Belajar An-Nur Hasan mengatakan bahwa game ini sangat baik dan 28,6% mengatakan game ini baik. Para guru di Bimbingan Belajar An-Nur Hasan sepakat bahwa game ini memberikan manfaat khususnya belajar mengetik menggunakan 10 jari kepada anak-anak di Bimbingan Belajar An-Nur Hasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Sep 2023 20:00
Last Modified: 24 Sep 2023 20:00
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year