Gunawan, Widya Safitri (2021) Upaya Meningkatkan Motivasi Membaca Permulan Siwa Tunagrahita Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar di Kelas VI SDLB B.C Cahaya Pertiwi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
|
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_BAB V.pdf Download (281kB) |
|
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_Daftar Pustaka.pdf Download (341kB) |
|
Text
201710615002_Widya Safitri Gunawan_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDLB B.C Cahaya Pertiwi dengan kebutuhan khusus tunagrahita, sebanyak 10 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes unjuk kerja keterampilan membaca permulaan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi motivasi keterampilan membaca siswa, lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi guru dalam kegiatan mengajar, dan tes unjuk kerja keterampilan membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi membaca permulaan menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas VI SDLB B.C Cahaya Pertiwi mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata keterampilan membaca permulaan pada pratindakan adalah 59,0 meningkat menjadi 65,55 pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 72,65, dan terakhir mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 79,9. Peningkatan motivasi membaca permulaan dapat dilihat dari rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Langkah-langkah penggunaan media cerita bergambar dalam pembelajaran membaca permulaan antara lain: 1) siswa mengamati media cerita bergambar yang telah dipegang guru, 2) guru menunjukkan media cerita bergambar, 3) siswa mambaca dan mengikuti ucapan guru dengan memperhatikan media cerita bergambar, 4) siswa mempraktikan media cerita bergambar secara individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:47 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24793 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year