Abdullah, Natasya (2023) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa SMPN X Cikarang Barat. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910515167_Natasya Abdullah_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
201910515167_Natasya Abdullah_BAB I.pdf - Published Version Download (907kB) |
|
Text
201910515167_Natasya Abdullah_BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
201910515167_Natasya Abdullah_BAB V.pdf - Published Version Download (807kB) |
|
Text
201910515167_Natasya Abdullah_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (933kB) |
|
Text
201910515167_Natasya Abdullah_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal pada siswa SMPN X Cikarang Barat. Kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial serta emosional remaja. Dalam konteks pendidikan, memahami hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada siswa SMP dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidikan dalam mengupaya meningkatkan kualitas interaksi sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan teknik pengambilan sambil menggunakan cluster random sampling sebanyak 168 responden yang terdiri dari tingkatan kelas VII dan VIII. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala komunikasi interpersonal dari Devito dan skala kepercayaan diri dari Lauster. Data yang terkumpul dianalisis dengan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengankomunikasi interpersonal pada siswa SMPN X Cikarang Barat. Semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, semakin baik kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Hasil ini mengindikasikan bahwa kepercayaan diri memainkan peran penting dalam membentuk keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMP, dengan begitu menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima. Saran untuk melanjutkan penelitian dan evaluasi lebih lanjut yang melibatkan sampel yang lebih banyak dan variasi sekolah yang lebih luas serta dapat menambah varibel-varibel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Mic Finanto Ario Bangun, S.Psi., M.Si., Dr. Netty Merdiaty, M.M., M.Si. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Arif Syamsudin |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:10 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:10 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24930 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year