Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Nisya, Adina Aulia (2022) Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas IV SDN Perwira 02 Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB)
[img] Text
201810615114_Adina Aulia Nisya_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila di Kelas IV SDN Perwira 02. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana bentuk peranan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi pancasila pada pembelajaran di kelas IV D SDN Perwira 02. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan kualitataif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian guru kelas IV D sudah baik dalam menjalankan peran nya serta mengimplementasikan nilai-nilai demokrasi pancasila juga sudah baik. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kemudian guru kelas IV D juga sudah cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai tema dan materi yang sudah disusun. Dan guru kelas IV sudah menerapkan nilai-nilai demokrasi pancasila pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian nya menunjukan bahwa guru sebagai demonstator, yaitu guru mampu mengembangkan materi dan menguasai bahan materi dengan baik. Guru sebagai pengelolahan kelas yaitu menciptakan suasana kelas yang baik dan menyenangkan. Guru sebagai mediator dan fasilitator serta evaluator yaitu guru menggunakan media pembelajaran seperti RPP, silabus, buku guru dan siswa, guru harus menyesuaikan media pembelajaran sesuai materi pembelajaran yang ingin diajarkan, guru harus meningkatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran berlangsung, dan guru harus mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua siswa nya. Nilai-nilai demokrasi yang terapkan dan dikembangkan guru kelas IV D sudah cukup baik dan mampu di implementasikan kepada siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:40
Last Modified: 18 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year