Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Murfiana, Anggie Septya (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengam Media Audio Visual Berbantuan Reward Stiker Pictured Pada Siswa Kelas IV C SD Negeri Sriamur 01 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (850kB)
[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_ABB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201810615101_Anggie Sepya Murfiana_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik non-tes dan tes dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar dari semua peserta didik dalam pembelajaran IPS ≥ 75 dan jika dikonversikan termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan nilai hasil belajar pada siklus I Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 68 dengan persentase tuntas belajar adalah 52% masuk pada kategori “Sedang”. Pada siklus II terjadi peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata mencapai 74 dengan persentase tuntas belajar adalah 72% masuk pada kategori “Tinggi”. Selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata mencapai 85,4 dengan persentase tuntas belajar adalah 92% masuk pada kategori “Sangat Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitianm dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Audio Visual Berbantuan Reward Stiker Pictured Pada Siswa Kelas IV C SD Negeri Sriamur 01 Kabupaten Bekasi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:40
Last Modified: 24 Dec 2023 22:37
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year