Zuniarti, Anis Puspita (2022) Analisis Kesulitan Menulis Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas II A Di SDN Harapan Baru 1. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_Cover - Daftar Isi.pdf Download (803kB) |
|
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_Daftar Pustaka.pdf Download (397kB) |
|
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_BAB V.pdf Download (190kB) |
|
Text
201810615030_Anis Puspita Zuniarti_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kesulitan menulis kalimat sederhana yang dialami oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai kesulitan menulis kalimat sederhana yang dialami oleh siswa kelas II A di SDN Harapan Baru 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah siswa kelas II A di SDN Harapan Baru 1 yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan bahwa masih terdapat siswa kelas II A yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sederhana dengan tepat dan benar. Dari 20 jumlah siswa yang ada di kelas II A masih terdapat 5 siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sederhananya. Kesulitan yang dialami oleh siswa seperti masih terdapat siswa yang belum mengetahui SPOK dalam kalimat itu seperti apa, dan siswa belum mampu menuliskan kalimat sederhana dengan tepat dan benar. Adapun faktor yang membuat siswa kesulitan menulis kalimat sederhana yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai pembelajaran menulis kalimat sederhana, siswa kesulitan dalam menuliskan kalimat dari kata berimbuhan, siswa kesulitan dalam mengingat bentuk huruf, teman yang selalu mengajak ngobrol atau bermain disaat jam pembelajaran, kurangnya bimbingan belajar dari orang tua, dan orang tua yang cuek terhadap pendidikan anaknya. Kesulitan tersebut disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk belajar serta kurangnya dukungan dari keluarga dalam membimbing anak untuk belajar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penyebab siswa kesulitan menulis kalimat sederhana dikarenakan adanya faktor internal dan ekternal yang dialami oleh siswa. Kata Kunci : Menulis, Kesulitan, Kalimat Sederhana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:47 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25204 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year