Mulyani, Azizah (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Di Kelas II SDN Harapan Baru 1 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615100_Azizah Mulyani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (850kB) |
|
Text
201810615100_Azizah Mulyani_BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
201810615100_Azizah Mulyani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
|
Text
201810615100_Azizah Mulyani_BAB V.pdf Download (169kB) |
|
Text
201810615100_Azizah Mulyani_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) |
|
Text
201810615100_Azizah Mulyani_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II serta upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas IIA SD Negeri Harapan Baru 1 Kota Bekasi dan mendeskripsikan upaya serta langkah yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IIA sebagai pelaku utama dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan, serta siswa kelas IIA. Adapun instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesulitan yang dimiliki oleh siswa yaitu, seperti kesulitan mengidentifikasi huruf sehingga melakukan penghilangan huruf atau kata, melakukan penyisipan kata, perubahan kata, pengucapan kata salah, pembalikan kata, pengucapan dengan bantuan guru dan membaca dengan terbata-bata. Adapun upaya dan peran guru diberikan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca anak yaitu, dengan membiasakan siswa untuk membaca dan menyimak bacaan siswa kemudian jika siswa mengalami kesalahan dalam membaca guru mengoreksi langsung kesalahan siswa dalam membaca dan meminta siswa untuk mengulangi bacaan tersebut sampai beberapa kali sampai siswa melafalkan bacaan tersebut dengan baik, selanjutnya guru juga berupaya untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar membaca siswa dengan memberikan tepuk tangan dan memberikan penilaian terhadap setiap tugas yang dikerjakan siswa, adapun upaya guru dalam menggunakan media dan metode pembelajaran membaca dengan menggunakan media buku eja dan dengan metode baca bunyi eja, selanjutnya guru memberikan tindakan lanjutan terhadap siswa yang masih mengalami kesulitan membaca yaitu dengan memberikan kelas tambahan sepulang sekolah dan mengkomunikasikan dengan orang tua siswa. Hal ini dilakukan oleh guru kelas dalam rangka mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas IIA SDN Harapan Baru 1 Kota Bekasi. Kata kunci: Keterampilan membaca, Membaca permulaan, Upaya guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:47 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25208 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year