Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Ayuningtyas, Dinda Aprillia (2022) Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas III C SDN Harapan Baru 02. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (619kB)
[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_BAb V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
201810615086_Dinda Aprillia Ayuningtyas_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan pendidikan nasional bisa tercapai melalui peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi penyelenggaraan pendidikan, dan demokratisasi pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah sedikit terganggu dengan adanya virus covid- 19, bagi seluruh warga Indonesia penutupan sekolah tidak bisa dihindari. Tetapi semua tidak berjalan dengan apa yang diharapkan. Peneliti ingin mengetahui dan mengidentifikasi apa saja kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas III C SDN Harapan Baru 02 dan apa saja faktor penghambat menulis permulaan, maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus terhadap siswa kelas III C SDN Harapan Baru 02. Kesulitan yang sering dialami oleh yaitu seperti penggunaan huruf besar, kesulitan yang selanjutnya yaitu antara huruf satu dengan huruf yang lain masih terdapat jarak, kesulitan selanjutnya siswa sering sekali menulis dengan huruf yang sering kali hilang/ terbalik (tidak lengkap). Kesulitan siswa selanjutnya yaitu pada tulisan siswa tidak ada jarak antar kata. Selanjutnya yaitu ukuran tulisan yang proposional. Faktor siswa menjadi kesulitan dalam menulis seperti proses pembelajaran daring faktor orang tua yang sibuk bekerja, orang tua yang mempunyai pendidikan rendah dan faktor ekonomi yang rendah. Kesulitan siswa dalam menulis permulaan akan membawa pengaruh ke setiap pelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dokumentasi dan observasi diketahui bahwa 3 siswa kelas III C mengalami kesulitan menulis permulaan, faktor yang menyebabkan kesulitan menulis permulaan yang paling berpengaruh adalah proses pembelajaran daring, kesulitan menulis permulaan juga dapat berpengaruh terhadap nilai keseluruhan siswa kelas III C Kata kunci, kesulitan menulis permulaan, faktor pengambat menulis permula

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:48
Last Modified: 26 Dec 2023 17:48
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year