Wulandari, Dwi Jannah (2022) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik Berorientasi Ramah Anak di SDIT Tahfizh Bunga Bangsa Islamic School Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_BAB i.pdf Download (264kB) |
|
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_BAB V.pdf Download (235kB) |
|
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_Daftar Pustaka.pdf Download (316kB) |
|
Text
Dwi JAnnah Wulandari_201810615035_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang tentang pentingnya penerapan pendidikan karakter berorientasi ramah anak yang harus diimplementasikan dari usia sekolah dasar. Melalui pembelajaran tematik yang harus sejalan dengan penerapan ramah anak yang diberikan oleh guru dan sekolah kepada seluruh peserta didik. SDIT Tahfizh Bunga Bangsa Islamic School telah mampu mengimplementasikan pendidikan karakter melalui mata pelajaran tematik yang berorientasi ramah anak. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada siswa melalui pembelajaran tematik berorientasi ramah anak yang dilakukan dalam pembelajaran dikelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik dasar pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi, dan uji kredibilitas. Subjek dan Informan meliputi kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru dan siswa kelas III. Hasil penelitain meliputi (a) Karakter siswa dalam kegiatan pembelajaran, (b) Pengimplementasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik serta penerapan ramah anak,(c) Kendala yang dihadapi guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter pada peserta didik. Kesimpulan penelitian yaitu guru telah mampu menanamkan dan mengimplementasikan nilai karakter religius, jujur, rasa ingin tahu, dan komunikatif kepada siswa melaui pembelajaran tematik yang berorientasi ramah anak. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter baik kendala dari faktor internal maupun faktor eksternal. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik, Ramah Anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:48 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:48 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25215 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year