Ningsih, Erna Prastuti (2022) Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas III SDN Kebalen 05 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_BAb I.pdf Download (186kB) |
|
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_BAB V.pdf Download (140kB) |
|
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) |
|
Text
201810615013_Erna Prastuti Ningsih_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan deskripsi siswa kelas III SDN Kebalen 05 Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei yang bertempat di SDN Kebalen 05 Kab. Bekasi yang berlokasikan di Kp. Irian Kebalen, Kec. Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan instrumen pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggunakan 5 indikator kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan deskripsi siswa diantaranya : tanda baca titik (.) sebanyak 66% dari total keseluruhan siswa, tanda baca koma (,) sebanyak 28% dari total keseluruhan siswa, tanda baca titik dua (:) sebanyak 4% dari total keseluruhan siswa, tanda baca tanya (?) sebanyak 1% dari total keseluruhan siswa, tanda baca petik (‘’) sebanyak 1% dari total keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan deskripsi siswa kelas III SDN Kebalen 05 Kabupaten Bekasi jumlah paling tinggi kesalahan siswa dalam menggunakan tanda baca di dalam karangan deskripsi adalah kesalahan tanda baca titik (.) sebanyak 66% dari total keseluruhan siswa. Kata Kunci : Karangan deskripsi, keterampilan menulis, penggunaan tanda baca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:48 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:48 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25216 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year