Novianti, Firda (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (Penelitian Tindakan Di Kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615081_Firda Novianti_Cover - Daftar Isi.pdf Download (877kB) |
|
Text
201810615081_Firda Novianti_BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text
201810615081_Firda Novianti_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) |
|
Text
201810615081_Firda Novianti_BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text
201810615081_Firda Novianti_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
201810615081_Firda Novianti_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran keterampilan menulis pantun yang dilatar belakangi penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun ditingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian 23 siswa di kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah melalui penerapkan model cooperative learning tipe Think Talk Write. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Intrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar aktivitas siswa, aktivitas guru, wawancara dan soal tes, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini sebagai berikut: a). Penggunan model pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis pantun, berdasarkan hasil tes pada prasiklus yaitu 47,83% atau 11 siswa yang mampu menulis pantun, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,22% atau 15 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 86,96% atau 20 siswa yang dapat menulis pantun secara baik dan benar. b). proses pembelajaran yang mendominasi terhadap aktivitas siswa sehingga mampu membangun keaktifan siswa pada saat bembelajaran berlangsung. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengguanaan model cooperative learning tipe Think Talk Write sebagai moda pembelajaran inovatif dalam keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDIT Al-Muhsiniyyah. Kata kunci: Cooperative Learning, Think Talk Write, Keterampilan Menulis Pantun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:48 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:48 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25219 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year