Ghaniem, Hanan Ahmad (2022) Analisis Kesulitan Menulis Puisi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Deksriptif di kelas VA SDN Teluk Pucung 1 Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_BAB I.pdf Download (513kB) |
|
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_BAB V.pdf Download (383kB) |
|
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_Daftar Pustaka.pdf Download (601kB) |
|
Text
201810615109_Hanan Ahmad Ghaniem_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan kemampuan pemahaman siswa terhadap empat unsur aspek menulis puisi dan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan menulis puisi di kelas VA SDN Teluk Pucung 1 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian Kualitatif dalam pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kesulitan menulis puisi di kelas VA semester genap SDN Teluk Pucung 1 Bekasi telah cukup berjalan dengan baik, kesulitan yang dialami siswa terletak pada pemahaman siswa yang tidak mampu menulis puisi karena belum menguasai sepenuhnya dari empat aspek menulis puisi seperti judul, kesesuaian antar tema dengan judul, pemilihan kata (diksi), dan gaya bahasa. Faktor penghambat siswa menulis puisi yaitu yang pertama siswa belum mampu menuangkan ide serta imajinasi ke dalam bentuk puisi dan siswa belum mengerti cara menulis puisi yang tepat dari keempat aspek menulis puisi, Sehingga munculah fenomena baru di kelas VA SDN Teluk Pucung 1 Bekasi. Berdasarkan penilaian ada 6 siswa yang memiliki nilai terendah dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75, untuk 1 siswa mendapatkan nilai 50 dan 5 siswa mendapatkan nilai 60 sesuai dari jumlah pemerolehan skoring pada setiap aspek menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:48 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:48 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25220 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year