Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Amaliyah, Indah (2022) Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Perwira 06 Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
201810615116_Indah Amaliyah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui penerapan hukuman untuk siswa kelas VI B yang tidak disiplin, pengaruh kedisiplinan siswa di kelas serta faktorfaktor penyebab siswa tidak disiplin dalam pembelajaran IPS. Permasalahan di penelitian ini adalah siswa kelas VI B tidak menyukai pembelajaran IPS, penyebab dari tidak suka tersebut karena siswa malas untuk membaca dan mengulang pembelajaran IPS yang begitu banyak bahan isi materi. Sehingga menimbulkan tidak disiplin saat belajar, tidak disiplin saat pengumpulan tugas sehingga siswa kelas VI B tersebut seringkali tidak tepat waktu dalam belajar dan pengumpulan tugas pembelajaran IPS. Faktor utama tersebut ada pada diri siswa yaitu faktor internal, kemudian faktor berikutnya pengaruh teman dan kondisi suasana kelas siswa terdapat pada faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek yaitu guru kelas VI B dan siswa kelas VI B SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Dalam memperoleh data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa kelas VI B tidak menyukai pembelajaran IPS karena pembelajaran IPS sangat membosankan bagi mereka, siswa juga malas untuk membaca materi yang tertinggal sehingga menimbulkan faktor yang tidak bertanggung jawab dan kurangnya disiplin saat tugas yang diberikan oleh guru. Faktor yang mempengaruhi siswa tersebut yaitu faktor dari diri mereka sendiri yang tidak percaya akan kemampuannya tersebut, kemudian faktor dari teman yang membuat mereka malas sehingga mengakibatkan siswa yang ingin belajar mengikuti siswa yang malas. Kata kunci : Kedisiplinan, Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:48
Last Modified: 26 Dec 2023 17:48
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year