Oktariany, Lisa (2022) Analisis fakto-faktor kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Bojong Menteng VII’. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615085_Lisa Oktariany_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201810615085_Lisa Oktariany_BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
201810615085_Lisa Oktariany_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) |
|
Text
201810615085_Lisa Oktariany_Daftar Pustaka.pdf Download (378kB) |
|
Text
201810615085_Lisa Oktariany_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berawal dari rendahnya sikap kerja sama murid dan kepasifan dalam kegiatan belajar mengajar serta dalam proses belajar mengajar pun guru kurang melibatkan siswa sehingga siswa tidak saling bekerja sama dan belajar secara sendiri. Selain itu kurang nya perhatian guru pada ranah afektif siswa tersebab guru lebih memperhatikan ranah kognitif semata. Maka dari itu permasalahan dalam penelitian ini adalah : “Apakah model examples non examples dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa ? dan Bagaimana peningkatan kecerdasan interpersonal siswa melalui penerapan model examples non examples ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik atau dalam artian meningkatkan sikap sosial peserta didik. Jenis penelitian yang di lakukan di sini ialah memakai penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian di sini menggunakan 3 siklus, dan setiap siklus pada setiap pertemuan sebanyak 2x. Penelitian ini di laksanakan pada mata kuliah skripsi yang di lakukan pelaksanaan tindakan selama kurang lebih 3 bulan. Subjek penelitian di sini ialah kelas III A SDN Harapan Baru I yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian yang di dapat di sini ialah 1. Guru kurang memperhatikan ranah afektif dalam proses belajar serta l, 2. Suasana belajar mengajar hanya berfokus pada guru atau teacher center. 3. Oleh karena itu dari dua paparan di atas peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengupayakan peningkatan kecerdasan interpersonal examples non examples/ 4. Dari hasil perlakuan yang telah di lakukan tindakan maka menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I, II dan III. Hal ini di upayakan karena guru memberikan stimulus dan pendekatan pada siswa maupun dalam lingkup kelompok. Dengan adanya hal ini di upayakan siswa dapat terjalin interaksi sosial dengan temannya. Kata Kunci : ranah afektif, kecerdasan interpersonal, model examples non examples
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:49 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25228 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year