Safitri, Lisa (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Berorientasi Peduli Lingkungan di SD Sagalifeschool Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615111_Lisa Safitri_Cover - Daftar Isi.pdf Download (809kB) |
|
Text
201810615111_Lisa Safitri_BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text
201810615111_Lisa Safitri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201810615111_Lisa Safitri_BAB V.pdf Download (249kB) |
|
Text
201810615111_Lisa Safitri_Daftar Pustaka.pdf Download (495kB) |
|
Text
201810615111_Lisa Safitri_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Karakter peduli lingkungan dideskripsikan suatu sikap dan tindakan yang mengupayakan dalam mencegah kerusakan lingkungan alam dan mengembangkan upaya-upaya memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Sekolah Dasar Sagalifeschool dapat menawarkan sebuah model Implementasi pendidikan karakter berorientasi peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan dapat mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Sagalifeschool. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kecukupan data penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Hasil penelitian ini meliputi: (a) Konsep alam sebagai media atau sumber tempat belajar mengembangkan kepekaan dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dan kondisi alam, (b) Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang mencakup dalam pendidikan karakter peduli lingkungan,(c) pembelajaran outdor dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter peduli lingkungan,(d) sarana dan prasarana yang lengkap dalam mendukung proses pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan. Kesimpulan penelitian ini Sekolah Dasar Sagalifeschool telah mengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan dengan adanya program-program kebijakan sekola, konsep dan pelaksanaan dalam pembelajaran yang berbasis alam dan adanya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran pendidikan karakter berorientasi peduli lingkungan bagi peserta didik. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Sekolah Alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:49 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25229 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year