Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Miranti Dwi (2022) Evektivitas Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Babelan Kota 02 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
201810615004_Miranti Dwi Putri_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Babelan Kota 02 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen.Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV A dan penggunaan metode konvesional pada kelas IV B. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Babelan Kota 02 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi yang berjumlah 66 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes, Observasi, dan Dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil bejar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya sudah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 67,87, dan nilai rata-rata post-test sebesar 76,36. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 70,18, dan nilai rata-rata post test sebesar 71,87.Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 2,025 lebih besar dari nilai t tabel yang diperoleh sebesar 1,997 dari taraf signifikansi 0,05. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa metode diskusi dikatakan efektif karena terdapat perbedaan yang sigifikan pada hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SDN Babelan Kota 02 Kabupaten Bekasi. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:49
Last Modified: 26 Dec 2023 17:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25235

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year