Kurniawati, Nia (2022) Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Huruf pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDI Al-Azhar Harapan Indah Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615091_Nia Kurniawati_Cover - Daftar Isi.pdf Download (875kB) |
|
Text
201810615091_Nia Kurniawati_BAB I.pdf Download (510kB) |
|
Text
201810615091_Nia Kurniawati_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615091_Nia Kurniawati_BAB V.pdf Download (208kB) |
|
Text
201810615091_Nia Kurniawati_Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
|
Text
201810615091_Nia Kurniawati_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang didasari pada rendahnya keterampilan membaca siswa kelas I SDI Al-Azhar Harapan Indah Kota Bekasi, yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan membaca permulaan melalui penerapan media kartu huruf dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas I SDI Al-Azhar Harapan Indah dan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDI Al-Azhar Harapan Indah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan guru serta hasil tes membaca siswa. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu dengan memperoleh nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan klasikal 73% dengan jumlah siswa yang tuntas ada 9 orang dan yang tidak tuntas 4 orang. Pada siklus II, siswa mendapatkan nilai rata-rata 87 dengan ketuntasan klasikalnya 92% dengan jumlah siswa yang tuntas 12 siswa dan 1 yang tidak tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu huruf merupakan salah satu media yang dapat diterampkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan media kartu huruf maka keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDI Al-Azhar Harapan Indah dapat meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapai nilai KKM, dan hasil yang diperoleh telah memenuhi indikator keberhasilan peelitian ini. Kata Kunci: Media pembelajaran, kartu huruf, keterampilan membaca permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:49 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25237 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year