Maharani, Rani (2022) Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Nilai Sikap Kebhinekaan Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PPKn di SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615104_Rani Maharani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (695kB) |
|
Text
201810615104_Rani Maharani_BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
201810615104_Rani Maharani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
|
Text
201810615104_Rani Maharani_BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
201810615104_Rani Maharani_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) |
|
Text
201810615104_Rani Maharani_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran nilai kebhinekaan yang dilakukan di sekolah karena penggunaan model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran penerapan serta peningkatan nilai sikap kebhinekaan siswa dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). Penelitian dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 3 kali pertemuan di setiap siklusnya. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (Observasi) serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar observasi nilai sikap kebhinekaan siswa. Data dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas IV SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) mampu dalam membantu guru dan siswa untuk meningkatkan nilai sikap kebhinekaan melalui proses pembelajaran hal ini terlihat dari hasil peningkatan nilai sikap kebhinekaan siswa di setiap siklusnya dengan perolehan persentase hasil pratindakan rata-rata sebesar 29,5% dikategorikan cukup, lalu meningkat pada siklus I sebesar 54,8% dengan kategori baik hingga pada siklus II sebesar 76,8 dengan kategori sangat baik sehingga sesuai dengan target peneliti sikap tanggung jawab siswa mencapai 70% dengan hasil siklus II tersebut dan berdasarkan wawancara paparan guru, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan nilai sikap kebhinekaan siswa kelas IV SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:50 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25247 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year