Astuti, Septiyani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan di SDIT Plus Al-Amin Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615115_Septiyani Astuti_Cover - Daftar Isi.pdf Download (823kB) |
|
Text
201810615115_Septiyani Astuti_BAB I.pdf Download (287kB) |
|
Text
201810615115_Septiyani Astuti_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text
201810615115_Septiyani Astuti_BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
201810615115_Septiyani Astuti_Daftar Pustaka.pdf Download (346kB) |
|
Text
201810615115_Septiyani Astuti_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pendekatan saintifik. IPA sebagai salah satu mata pelajaran yang terkait dengan tema bertujuan untuk mendorong siswa menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh sehingga mampu berfikir kritis. Guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sudah menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, namun belum dilaksanakan secara optimal. Ketidakoptimalan tersebut berupa siswa belum sepenuhnya memahami konsep, siswa cenderung pasif, kurang dapat mengemukakan ide-ide belajar, tidak terlibat diskusi kelompok dan model pembelajaran kurang bervariasi. Nilai rata-rata ujian tengah semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang diperoleh yaitu 67, hal ini menunjukkan bahwa nilai siswa masih dibawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Model pembelajaran inkuiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah dan melatih kerjasama kelompok sehingga membentuk interaksi kritis dalam pembelajaran. Hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan studi literatur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda dan instrumen non tes berupa silabus dan rpp yang sudah divalidasi oleh validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa dengan uji hipotesis Mann Whitney yang diperoleh dari nilai posttest sebesar 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 79.1 lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional dengan rata-rata yaitu 60. Adanya penerapan model pembelajaran inkuiri diharapkan dapat mendorong siswa terlibat aktif dan berfikir secara kritis dan analitis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25253 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year