Ramadhan, Sylvia Agnes Ratna (2022) Kesulitan Belajar Siswa Dalam Operasi Perkalian Bilangan Cacah Pada Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kelas III SDN Setia Asih 01 Tarumajaya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_Cover - Daftar isi.pdf Download (780kB) |
|
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
|
Text
201810615118_Sylvia Agnes Ratna Ramadhan_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri No 35 tahun 2021 dengan persentase kehadiran 50% dari jumlah siswa di dalam satu kelas. Kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas berdampak pada terbatasnya kegiatan pembelajaran yang terjadi hal ini dapat mengakibatkan kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar siswa terutama pada kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar matematika operasi perkalian di kelas III SDN Setia Asih 01 Tarumajaya pada kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dengan subjek penelitian sebanyak 7 siswa. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif Studi kasus dengan beberapa instrumen dan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya direduksi, kemudian dilakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan selama dua bulan diperoleh hasil kesulitan belajar operasi perkalian bilangan cacah dengan pengaruh paling besar ditunjukkan pada indikator lemahnya kemampuan metakognisi pada siswa. Faktor internal yang memiliki pengaruh paling besar ditunjukkan pada motivasi dan sikap siswa dalam belajar, sedangkan faktor eksternal dengan pengaruh paling besar ditunjukan pada fasilitas belajar berupa alat peraga yang masih kurang, serta durasi kegiatan selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dirasa terlalu cepat bagi siswa dan juga guru, selain itu metode mengajar lebih banyak menggunakan metode ceramah. Kesulitan belajar operasi perkalian bilangan cacah, yang memiliki pengaruh paling besar adalah lemahnya kemampuan metakognisi dengan faktor internal berupa motivasi dan sikap siswa serta faktor eksternal berupa fasilitas alat peraga dan metode mengajar yang digunakan serta jam belajar pada pembelajaran tatap muka terbatas yang mengakibatkan proses pembelajaran tidak berlangsung dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25257 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year