Tanesya, Beatrix (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Membaca Pantun Kelas VI SDN Perwira 06 Bekasi Utara. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_Cover - Daftar Isi.pdf Download (801kB) |
|
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
|
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_Daftar Pustaka.pdf Download (325kB) |
|
Text
201810615105_Beatrix Tanesya_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SDN Periwa 06 Bekasi Utara yang selama ini cenderung monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk belajar. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam kegiatan membaca pantun. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif melalui siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari analisis peningkatan aktivitas dan hasi belajar dalam membaca pantun. Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan aktivitas siswa kurang atau tidak memenuhi KKM Kriteria Ketuntasan Minimal) pada saat pembelajaran membaca pantun berlangsung, dengan itu diadakannya siklus berikutnya yaitu siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa pun meningkat di siklus I dan II dengan nilai yang melebihi KKM. Hasil nilai rata-rata di siklus I adalah 73,10 dan di siklus II adalah 77,93, dibandingkan di kondisi awal dengan nilai rata-ratanya yaitu 65,86 jadi dilihat dari kondisi awal sampai ke siklus II terjadi peningkatan dalam belajar. Dengan itu diadakannya siklus berikutnya yaitu siklus II dan hasil belajar siswa pun meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pada guru bidang studi Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca pantun agar aktivitas dan hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25264 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year