Mardani, Dewi Putri (2023) Analisis Kesulitan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 3 di SDN Kebalen 01 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (346kB) |
|
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text
201810615080_Dewi Putri Mardani_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Menulis permulaan merupakan kemampuan menulis yang diajarkan pada siswa di tahap awal yaitu di kelas I dan II. Kemampuan seseorang dalam menulis karena melalui proses pembelajaran yang diasah kemampuannya secara terusmenerus. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran komprehensif terkait kemampuan menulis permulaan pada siswa dan memberikan gambaran terkait upaya guru dalam menghadapi kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas 3 SDN Kebalen 01 Kabupaten Bekasi. Metode menulis yang kurang tepat sehingga sisa cenderung pasif, sehingga masih terdapat beberapa siswa yang kurang memahami pelajaran yang disampaikan guru dan berdampak pada kemampuan menulis saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk itu, agar dapat mengetahui penyebab kesulitan menulis, maka dapat dilakukan dengan menganalisis untuk menemukan faktor penyebab dan solusi yang seharusnya di berikan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dikelas III A terdapat 5 orang siswa dari 28 siswa yang masih mengalami kesulitan menulis diantaranya: penggunaan huruf kapital dan huruf kecil masih tercampur, dan tidak ada spasi antar kata. Kemudian faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis permulaan yaitu: faktor internal siswa mencakup kemampuan motorik halus yang lemah, kemampuan visual memori lemah, minat dan motivasi belajar yang rendah dan kebiasaan belajar yang dilakukan siswa baik di kelas maupun di rumah. Sedangkan faktor eksternal siswa mencakup kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa, suasana rumah yang kurang mendukung, kondisi lingkungan sekitar dan pengaruh media sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:51 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25266 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year