Putri, Fazria Dwi Agustina (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Imitatif Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SDN Babelan Kota 02. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_Cover - Daftar Isi.pdf Download (685kB) |
|
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) |
|
Text
201810615029_Fazria Dwi Agustina Putri_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita pada siswa kelas III SDN Babelan Kota 02, dan 2) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara imitatif dengan menggunakan metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Babelan Kota 02 yang berjumlah 18 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yaitu nilai rata-rata, sedangkan untuk analisis data kualitatif digunakan model alur. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara imitatif siswa. Peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 5, kondisi awal 63% meningkat menjadi 68%. Peningkatan siklus II sebesar 8, kondisi awal 63% meningkat menjadi 71%. Hal ini menyebabkan keterampilan berbicara imitatif siswa meningkat. Peningkatan keterampilan berbicara imitatif menggunakan metode bercerita pada siklus I sebesar 27,8 dengan kondisi awal 27,8 meningkat menjadi 55,6. Peningkatan siklus II sebesar 61,1 pada kondisi awal 27,8 meningkat menjadi 88,9.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25270 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year