Bidarihawa, Fiya (2023) Pengaruh Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Teluk Pucung 01 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_Cover - Daftar Isi.pdf Download (981kB) |
|
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_Daftar Pustaka.pdf Download (472kB) |
|
Text
201810615070_Fiya Bidarihawa_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri Teluk Pucung 01 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru Kelas IVD dan siswa kelas IVF SD Negeri Teluk Pucung 01. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes membaca pemahaman dengan menggunakaan bacaan teks siswa di SD berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap hasil tes membaca pemahaman siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) yaitu 86,15, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 60,15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25271 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year