Laili, Ilmi Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visuallization Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Kerangka Tubuh Manusia Kelas V SD IT Plus Al-Amin Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_Cover - Daftar Isi.pdf Download (920kB) |
|
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_Daftar pustaka.pdf Download (159kB) |
|
Text
201810615108_Ilmi Nur Laili_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visuallization Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Kerangka Tubuh Manusia Kelas V SD IT Plus Al-Amin Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control grup design dengan subjek yaitu Guru Kelas dan siswa Kelas V SD IT Al-Amin Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes hasil belajar IPA siswa di SD berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran SAVI mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA materi kerangka tubuh manusia. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Mann Whitney U yang diperoleh dari nilai posttest sebesar 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 79.7 lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran Direct Instruction dengan rata-rata yaitu 62,4. Adanya penerapan model pembelajaran SAVI diharapkan dapat mendorong siswa terlibat aktif pada saat proses pembelajaran dalam memecahkan masalah dan berfikir secara kritis dan analitis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25272 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year