Nurzaniar, Rismaisha (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Video Pada Materi Gaya Kelas IV Di Sekolah Dasar Teluk Pucung VI Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_BAB I.pdf Download (433kB) |
|
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) |
|
Text
201810615095_Rismaisha Nurzainar_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil nilai belajar siswa kelas IV-B menggunakan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat. Fenomena tersebut mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, sehingga diharapkan siswa dapat mengalami kemajuan di bidang pendidikan yang berpengaruh pada pembelajaran IPA di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran IPA harus dibuat lebih menarik dan mudah dipahami, karena pembelajaran IPA lebih membutuhkan aktivitas serta pemahaman dari pada penghafalan dengan berbagai rumus yang jumlahnya banyak. Hasil belajar sebagai objek penilaian pada hakikatnya menilai penguasaan siswa terhadap tujuan-tujuan intruksional. Hal ini dikarenakan isi rumusan tujuan instruksional menggambarkan hasil belajar yang harus dikuasai siswa berupa kemampuan-kemampuan siswa setelah menerima atau menyelesaikan pengalaman belajar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian yang diberikan adalah pemanfaatan media video pada pembelajaran. Hasil penelitian Menyatakan bahwa pada dari prasiklus siswa yang tuntas hanya 13% (7 siswa) pada siklus I yang tuntas 38% (12 siswa) siklus II yang tuntas 45% (14 siswa) siklus III yang tuntas 70% (22 siswa) siklus IV yang tuntas 83% (26 siswa) sedikit demi sedikit siswa sudah memahami materi IPA gaya yang telah disampaikan oleh peneliti banyaknya siswa kelas IV-B yang sudah mulai aktif adanya feedback saat proses pembelajaran, aktif ketika tanya jawab dan juga memahami soal test yang sedang dikerjakan. Disimpulkan bahwa media video pada pembelajaran IPA efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25280 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year