Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rismawanti, Vivi Efika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Dengan Media Kartu Arisan Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Pada Materi Gaya Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB)
[img] Text
201810615123_Vivi Efika Rismawanti_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan media kartu arisan terhadap pemahaman kosep IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al Manar Tahun Ajaran 2022/2023 di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi yang terakreditasi “A”. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di Kelas IV SDIT Al Manar, di mana Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan Kelas IVB sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah penerapan model pembelajaran Auditory Intellctually Repetition (AIR) dengan media kartu arisan. variabel terikat adalah pemahaman konsep IPA siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara non tes dan tes yaitu lembar observasi, Dokumentasi dan post test. Data diolah dengan mengguakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji U Mann- Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ditemukan pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetiton (AIR) dengan media kartu arisan terhadap pemahaman konsep IPA Siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata posttest kelas Eksperimen 98,28 dan posttest kelas Kontrol 82,84. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDIT Al Manar Kota Bekasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:53
Last Modified: 26 Dec 2023 17:53
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year