Akiko, Yohana (2023) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dengan Menggunakan Metode Card Sort dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V-B SDN Wanasari 06 Cibitung Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810615127_Yohana Akiko_Cover - Daftar Isi.pdf Download (6MB) |
|
Text
201810615127_Yohana Akiko_BAb I.pdf Download (213kB) |
|
Text
201810615127_Yohana Akiko_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201810615127_Yohana Akiko_BAB V.pdf Download (242kB) |
|
Text
201810615127_Yohana Akiko_Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) |
|
Text
201810615127_Yohana Akiko_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir reflektif siswa masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru hal itu disebabkan oleh faktor pandemik yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Siswa lebih banyak melakukan aktifitas belajar melalui dunia virtual seperti WA, zoom dan classroom. Siswa terlihat lebih aktif melakukan pembelajaran lewat dunia virtual tersebut. Selanjutnya peneliti melakukan pra tindakan dengan memberikan tes untuk mengukur kemampuan berpikir siswa kelas V-B. Dan hasil yang dikemukakan tes prasiklus nilai siswa rendah artinya kemampuann berpikir reflektif siswa rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan desain Kemmis & Mc. Taggart. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Wanasari 06 Cibitung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif siswa dan non tes dalam bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kemampuan berpikir reflektif pada pra siklus nilai rata-rata 50.94 dengan persentase sebesar 21%, pada siklus I nilai ratarata sebesar 68,10 dengan angka persentase 58,82% kemudian pada siklus II meningkat dari siklus sebelumnya yaitu nilai rata-rata sebesar 76,34 dengan persentase 79,41%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa dengan menggunakan metode card sort dalam pembelajaran tematik meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kebudayaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 17:52 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 17:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25285 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year