Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Suryana, Adi Yoga (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Lari 100 Meter Melalui Pendekatan Bermain Bentengan Pada Kelas VII SMP IT Insan Teladan Mandiri di Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB)
[img] Text
201810625002_Adi Yoga Suryana_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari 100 meter pada siswa kelas VII SMPIT Insan Teladan Mandiri melalui pendekatan bermain bentengan. Pada penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan siklus penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, yaitu siklus yang mempunyai langkah-langkah yang sistematis yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT Insan Teladan Mandiri dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari 3 teknik, diantaranya yaitu; tes keterampilan lari 100 meter (pre-test dan post test), observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai pengumpulan data yaitu skala penilaian yang diadaptasi dari Drs. Muhajir (2017). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian in dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada lari 100 meter setelah diberikan treatment model pembelajaran modifikasi berupa pendekatan bermain bentengan dari pra-tindakan, siklus I sampai dengan siklus II, dapat dikatakan meningkat dan terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi pratindakan yaitu 67,62 menjadi 77,05 pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,05 dengan total peningkatan keseluruhan dari pratindakan sampai dengan siklus II yaitu sebesar 18,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:53
Last Modified: 26 Dec 2023 17:53
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year