Listiyani, Alinda (2023) Analisis Pembelajaran Rumah Si Pitung Berbasis Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615013_Alinda Listiyani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (887kB) |
|
Text
201910615013_Alinda Listiyani_BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
201910615013_Alinda Listiyani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
Text
201910615013_Alinda Listiyani_BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
201910615013_Alinda Listiyani_Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) |
|
Text
201910615013_Alinda Listiyani_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari pada pembelajaran matematika di sekolah dasar yang sering terjadi kendala, dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan komponen penting dalam pertumbuhan intelektual siswa. Mengaitkan pembelajaran matematika melalui budaya diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam mempelajari konsep matematika. Adanya istilah dalam mengaitkan pembelajaran matematika melalui budaya disebut dengan etnomatematika. Memasukkan etnomatematika ke dalam pembelajaran dapat menjadi solusi dari permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika, serta dapat dijadikan sebagai pembaharuan dalam pembelajaran matematika. Penggunaan media pembelajaran berbasis budaya di harapkan dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa khususnya dalam materi geometri. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui konsep geometri bangun ruang dalam pelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar yang terdapat pada struktur bangunan Rumah Si Pitung di Kampung Marunda Pulo, Kec. Cilincing, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi deskriptif budaya. Melalui teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dapat menjadi referensi atau media pembelajaran bagi guru sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis budaya lokal, dikarenakan dalam pemahaman konsep geometri bangun ruang siswa masih sering terjadi miskonsepsi, sehingga diperlukan adanya media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:49 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25297 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year