Walanda, Chellia (2023) Pengembangan Buku Ramah Cerna Sebagai Bahan Ajar Yang Menginternalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Pada Kelas 1 SDN Aren Jaya XV Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615059_Chellia Walanda_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615059_Chellia Walanda_BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
201910615059_Chellia Walanda_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615059_Chellia Walanda_BAB V.pdf Download (157kB) |
|
Text
201910615059_Chellia Walanda_Daftar Pustaka.pdf Download (298kB) |
|
Text
201910615059_Chellia Walanda_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Literasi Dini adalah kemampuan anak usia dini untuk membaca, menulis dan berhitung. Literasi anak usia dini berkembang dan diperoleh di rumah maupun lingkungan sosialnya. Literasi tidak hanya terpaku pada membaca dan menulis saja. Dalam konteks anak usia dini, kemampuan literasi yang diajarkan dan ditanamkan pada usia dini disebut literasi dini atau disebut emergent literacy. Buku Ramah Cerna sebagai buku pendamping pembelajaran yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian peserta didik Berdasarkan hasil observasi ketersedian pada Buku Ramah Cerna masih belum banyak dikembangkan di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang didasari penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangakan Buku Ramah Cerna yang bermuatan karakter Bergotong Royong di SDN Aren Jaya XV Kota Bekasi. Pada proses pengembangan Buku Ramah Cerna ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari 5 tahapan dengan langkah-langkah yaitu : (a) analisis; (b) desain; (c) pengembangan; (d) implementasi; (e) evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi untuk memvalidasi produk buku ramah cerna yang telah dikembangkan akan dilakukan uji validitas oleh tim ahli. Hasil pengembangan buku menyatakan bahwa buku mendapatkan penilaian 97% dengan kesimpulan buku layak digunakan dan merevisi sesuai saran dari validator. Buku diimplementasikan dikelas oleh guru dan dinilai melalui lembar pengamatan lokakarya dengan hasil 82% penyampaian cerita yang dilakukan guru sudah sesuai indikator. Evaluasi dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh siswa dan guru, hasil evaluasi mengatakan bahwa buku ramah cerna yang dikembangkan sudah berkategori sangat baik. Peneliti ini dapat berdampak terhadap peningkatan kuantitas yang mengandung nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yakni gotong royong. Subjek dalam peneltian ini yaitu peserta didik kelas 1 di SDN Aren Jaya XV Kota Bekasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:49 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25300 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year