Puspitaningrum, Chintya (2023) Analisis Soal High Order Thinking Skill Pada Materi Bangun Datar Dalam Buku Pelajaran Siswa Kelas IV SDN Mangun Jaya 06. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_Cover - Daftar Isi.pdf Download (815kB) |
|
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) |
|
Text
201910615073_Chintya Puspitaningrum_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal High Order Thinking Skill pada materi bangun datar dalam buku pelajaran siswa kelas IV SDN Mangun Jaya 06. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara guru, observasi buku, dan dokumentasi pada soal dalam buku serta data penunjang yang berkaitan dengan analisis soal High Order Thinking Skill pada materi bangun datar dalam buku matematika kelas IV edisi revisi 2018. Pembelajaran HOTS sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan kemampuannya menjadi lebih kritis dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan pengetahuan yang kompleks serta dapat membuat keputusan sendiri. Hasil penelitian ini berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom yang memuat tipe soal High Order Thinking Skill yaitu mengkreasi (C6), mengevaluasi (C5), menganalisis (C4). Hal ini dapat diuraikan pada soal-soal bangun datar pada buku senang belajar matematika kelas IV yang dianalisis sesuai dengan kategorinya. Kesimpulan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa soal High Order Thinking Skill pada bangun datar yang telah dianalisis dalam buku pelajaran siswa kelas IV terdapat di kegiatan Ayo Menalar dengan memperoleh total 27,48% dan di dalam materi keliling serta luas bangun datar dengan total 13,69% sisanya bukan termasuk soal High Order Thinking Skill.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:49 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:49 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25301 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year