Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Windiarum, Hikmah Pambudiani (2023) Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan Berbantuan Media Big Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN Kebalen 01. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_Daftar pUstaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
201910615045_Hikmah Pambudiani Windiarum_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya minat baca pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan membaca awal permulaan pada siswa sekolah dasar, khususnya pada siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik deskriptif dengan menguji hipotesis menggunakan statistik uji-t. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik, yaitu statistik deskriptif. Data analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (pretest) = 69,17 berada dalam kategori sangat rendah dan nilai rata-rata (posttest) = 83,00 berada dalam kategori tinggi. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji sampel berpasangan, diperoleh nilai sig = 0,001 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, apabila uji hipotesis nilai probabilitas signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian secara signifikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa metode synthetic analytical structural method (SAS) dengan bantuan media big book mempengaruhi kemampuan membaca awal pada siswa kelas I SDN Kebalen 01

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:50
Last Modified: 27 Dec 2023 02:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25312

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year