Intan Sari, Pujayanah (2023) Pengaruh Media Domino Matematika (Domitika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas II di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (21MB) |
|
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_BAB I.pdf Download (225kB) |
|
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_Daftar pustaka.pdf Download (244kB) |
|
Text
201910615082_Intan Sari Pujayanah_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pada kehidupan sehari-hari kita senantiasa menggunakan matematika, mengingat bahwa konsep matematika memerlukan kemampuan berpikir kritis yang sangat tajam. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengganggap matematika itu sulit, pada saat pembelajaran siswa cenderung cepat bosan dan hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran, salah satu media pembelajaran matematika yang dapat digunakan yaitu domino matematika. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh domino matematika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang gagal melakukan perkalian acak dan guru belum menggunakan media pembelajaran lain selain media poster perkalian dan menghafal secara urut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental, one-group pretest and posttest design. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 2 A SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan lembar observasi keterlaksanaan media. Sebelum menggunakan tes, dilakukan uji coba dan validasi oleh ahli. Kemudian hasil uji coba soal dianalisis dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal barulah terbentuk soal pretest dan posttest yang dapat digunakan dalam penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah uji Shapiro-Wilk, uji Levene Test, uji paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.000 pada uji hipotesis dengan nilai N-Gain sebesar 0,31 yang berarti bahwa media domi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25314 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year