Fajriyah, Lailatul (2023) Pengaruh Penerapan Etnomatematika Permainan Congklak Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pembagian Kelas II SDN Teluk Pucung III. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (688kB) |
|
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_BAB V.pdf Download (182kB) |
|
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_Daftatr pUstaka.pdf Download (277kB) |
|
Text
201910615002_Lailatul Fajriyah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Matematika memiliki konsep yang sifatnya abstrak, sehingga berbanding terbalik dengan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar yang berada pada tahap operasional konkret. Sebab hal itu siswa merasa kesulitan berhitung dan sering tertukar antara bilangan yang akan dibagi, serta penggunaan model konvensional dalam pembelajaran membuat siswa kurang termotivasi, sehingga siswa tidak memahami konsep materi. Maka dalam penyampaiannya dibutuhkan kegiatan pembelajaran yang dapat menggambarkan situasi konkret atau nyata. Contohnya menghadirkan media serta alat atau permainan terlebih berbasis budaya dengan kata lain etnomatematika, agar siswa mudah memahami konsep materi yang dipelajari. Demikian etnomatematika dapat menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan siswa kelas II SDN Teluk Pucung III tahun ajaran 2022/2023. Yang terdiri dua kelas yaitu IIA sebagai kelas eksperimen dan IIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar pemahaman konsep yaitu pretest dan posttest disusun dalam bentuk essay. Prosedur penelitian diawali dengan observasi, kemudian kegiatan implementasi dan diakhiri dengan mengolah dan menganalisis data. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26 untuk statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etnomatematika permainan congklak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas II materi pembagian dengan hasil uji t menunjukkan nilai Sig.( 2 tailed) < 0,05 yaitu 0,000. Dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 76, sedangkan kelas eksperimen sebesar 80, 37.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25315 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year