Hinayatillah, Marisa (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring (Read Aloud) Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas III A di SDN Kebalen 01 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_BAB V.pdf Download (413kB) |
|
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_Daftar pustaka.pdf Download (436kB) |
|
Text
201910615011_Marisa Hinayatillah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca nyaring siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas III A SDN Kebalen 01 Kabupaten Bekasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III A dengan jumlah 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan melalui empat tahapan, meliputi perencanaan (planning), tindakan/pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, metode tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penilaian kemampuan membaca nyaring siswa pada kondisi awal yaitu 56,03% dengan jumlah siswa yang tuntas 4 orang. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,78% menjadi 63,81% dengan jumlah siswa yang tuntas 9 siswa yang telah mencapai nilai KKM ≥ 75. Siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 24 siswa dengan besar peningkatannya sebanyak 27,71% menjadi 83,74%. Bedasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script siswa kelas III A SDN Kebalen 01 Kabupaten Bekasi karena telah mencapai standar KKM ≥ 75 dengan nilai rata-ratanya ≥ 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25316 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year